Kilas Sejarah Skylot, Lekok-Pasuruan


 
Assalamu’alaikum dulur dulur Kabupaten Pasuruan sing ganteng ganteng lan ayu ayu. Yo’opo kabarmu rek? Mugo mugo awakmu kabeh tetep sehat wal afiat lan dalam perlindungan Allah SWT yo rek, Amin. Iki lho aku kate cerito tentang salah siji event utawa kegiatan sing rutin diadakno ndek Kabupaten Pasuruan loro utawa telung tahun sepisan, yoiku karnaval utawa pawai budaya daerah gawe memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Ke-1085 pas dino Sabtu tanggal 27 September 2014 kepungkur. Salah sijine peserta pawai budaya daerah, yoiku teko Kecamatan Lekok nampilno salah sijine budoyo teko Kabupaten Pasuruan sing jenenge SkiLot.
Skilot merupakan salah satu budaya dan olahraga tradisional masyarakat nelayan yang tinggal di pesisir pantai utara Kabupaten Pasuruan yang menghadap ke Selat Madura. Ski Lot berasal dari dua kata, yaitu Ski dan Celot. Ski berarti berseluncur dan Celot berarti lumpur, sehingga Ski Lot berarti berseluncur di atas lumpur dengan menggunakan sebuah papan yang terbuat dari kayu. Ski Lot biasanya diselenggarakan pada masa petani setelah memanen tanaman padinya di sawah. Ski Lot biasanya dilombakan dan dilaksanakan di atas lahan persawahan yang berlumpur, dan cara memainkannya adalah dengan menaruh salah satu kaki di atas papan kayu dan kaki yang satunya lagi digunakan untuk mendorong badan ke arah depan sehingga papan kayu dapat bergerak maju dengan secepat mungkin, seperti olahraga ski pada umumnya yang dilakukan di atas salju atau pasir. Jadi, jangan lupa ya untuk berkunjung ke Kabupaten Pasuruan khususnya Kecamatan Lekok untuk melihat kemeriahan budaya Ski Lot ini.
VISIT PASURUAN MASLAHAT 2015: Maju, Aman, Sehat Lahir Batin, Adil, dan Bermartabat (Guna Karya Sarana Bhakti) Untukmu Pasuruanku Tercinta

Credit by: afrirachmadfauzihttps
Pict by:  wisnuphenomenon
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar